Energy

Eropa Berburu Batubara Kalori Tinggi

img title

Petroenergy.id, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Coal Mining Asossiation (APBI-ICMA), Hendra Sinadia, menilai negara-negara Eropa termasuk Jerman umumnya mencari batubara dengan kalori tinggi di atas 5.500 GAR.

Permintaan ini sejalan dengan apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo, beberapa waktu lalu. Presiden mengungkapkan ada beberapa kepala negara yang meminta-minta stok batubara dari Indonesia.

Permintaan itu lebih dari lima kepala negara. Namun, presiden tidak mengungkapkan siapa saja kepala negara tersebut.

Presiden mengungkap ada dua perdana menteri meneleponnya. Kata mereka, kalau Indonesia tidak mengirim batubara akan terjadi gejolak sosial-politik di negara mereka. "Tolong bisa dikirimkan," ujar presiden menirukan permintaan mereka.

Presiden mengatakan batubara, dan juga CPO Indonesia, memiliki kekuatan besar di pasar global setelah sejumlah kepala negara meminta Indonesia segera mengekspor batubara dan CPO ke negaranya.

Kekuatan besar Indonesia di sektor batubara dan CPO, menurut Presiden Joko Widodo, mengharuskan Indonesia  mulai saat ini melakukan ekspor kedua komoditi itu dalam bentuk setengah jadi maupun jadi. Sehingga memberikan nilai tambah bagi perekonomian dalam negeri.

Merujuk Minerba One Data Indonesia (MODI), Kementerian ESDM, produksi batubara hingga saat ini 278,43 juta ton atau 42% dari rencana produksi tahun 2022 sebesar 663 juta ton. Dari jumlah itu, realisasi ekspor 97,38 juta ton, realisasi (DMO) 54,03 juta ton dan realisasi domestik 74,59 juta ton. [tius]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category