-->

Event

Sertifikasi Dorong Profesional Pengelasan Indonesia Lebih Qualified

img title

IIW Annual Assembly & International Conference 2018

Petro energy.id : Nusa Dua Bali, 30 Juli 2018 – Konferensi berskala internasional berkenaan dengan pengelasan dan aktivitas terkait, The 71st International Institute of Welding Annual Assembly & International Conference 2018(IIW 2018) telah usai digelar. Kegiatan tahunan IIW ini mempertemukan para profesional pengelasan; baik praktisi, peneliti maupun pembuat standard internasional dan pelaku industri pengelasan di seluruh dunia. Sebanyak 47 negara berkumpul di Bali untuk membahas berbagai aspek pengelasan dan aktivitas terkait, termasuk strategi menghadapi tantangan global di masa mendatang.

Salah satu poin penting yang dihasilkan dari kegiatan IIW Forum 2018 adalah kesepakatan para anggota IIW untuk membuka akses dan peluang berkarya sebagai welding professional di seluruh dunia, khususnya di 47 negara anggota IIW. Ditekankan bahwa memiliki kualifikasi dan sertifikasi internasional merupakan salah satu kriteria penting untuk berkarya dan bersaing di dunia global. Sejak tahun 2000, IIW telah membuat skema kualifikasi dan sertifikasi untuk profesional pengelasan yang secara berkelanjutan direvisi dan diperbaharui, menyesuaikan dengan kemajuan teknologi terkini dan kebutuhan dunia industri. Melalui skema ini, diharapkan lembaga-lembaga pelatihan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keahlian sebagaimana yang dunia industri butuhkan. Asosiasi Pengelasan Indonesia (API) telah mendapatkan akreditasi untuk menerapkan skema IIW ini sejak dari tahun 2010.

 “Sertifikasi akan memudahkan welder Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan di mancanegara karena sertifikasi tersebut menjadi bukti kemampuan dari welder tersebut. Kita memiliki banyak tenaga handal yang bila diarahkan dengan benar akan menjadi tenaga ahli yang bisa mengharumkan nama bangsa di industri pengelasan dunia,” presiden API, Achdiat Atmawinata.

 Perkembangan teknologi yang demikian pesat serta berbagai inovasi yang menyertai perkembangan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para pengelas. Untuk itu, mereka dituntut untuk selalu mengikuti berbagai perkembangan yang ada. Sertifikasi merupakan salah satu cara untuk menjamin bahwa kualitas tenaga pengelas sejalan dengan perkembangan teknologi. Melalui sertifikasi internasional, standardisasi kemampuan para profesional pengelasan semakin jelas dan terarah serta adaptif dengan perkembangan teknologi.

 Regenerasi Pelaku Industri Pengelasan

Selain konferensi, kegiatan IIW 2018 juga menghadirkan Young Profesional (YP) forum yang dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai negara. Dalam forum yang ditujukan untuk mendorong minat generasi muda dibidang pengelasan dan aktivitas terkait, peserta diberikan kesempatan untuk mengenal dunia pengelasan khususnya IIW secara lebih jauh, membangun jejaring dan komunikasi dengan berbagai ahli, praktisi dan peneliti pengelasan. Melalui forum ini, IIW bermaksud untuk mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan global dan juga sebagai bagian dari proses regenerasi, yang dikemudian hari dapat meneruskan eksistensi IIW.

“Pada kesempatan ini, para peneliti saling bertukar pikir dan berbagi solusi seputar dunia pengelasan. Dampak yang cukup baik bagi kita adalah hadirnya kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi persaingan global. Di event ini kita belajar banyak dengan para pakar pengelasan dunia,” ujar Edi Diarman Djasman, direktur eksekutif API, sekaligus ketua panitia IIW 2018. 

Selama event berlangsung, mereka berbagi pengetahuan dan berkolaborasi bersama para pakar pengelasan dunia untuk mencari solusi terbaik dari masalah yang dihadapi di lapangan. Salah satu bentuk kolaborasi tersebut tidak berhenti pada produk ilmiah semata, tetapi juga menyiapkan produk komersil untuk masa depan.

[Press Release]

Foto : The 71th  IIW Annual Assembly & International Conference 2018 yang di ikuti oleh 47 Negara sedang melaksanakan General Assembly di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category