Maritime

PIKKI Tandangani MoU dengan Dimas dan DAK

img title

Jakarta, petroenergy.id - Ketua Perhimpunan Industri Komponen Kapal Indonesia (PIKKI), Eki Komaruddin menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Dok dan Perkapalan Air Kantung (Dak) dan PT. Dok Dumas.  Kerjasama tersebut merupakan komitmen dua perusahaan tersebut untuk penggunaan produk-produk komponen kapal lokal yang diwakili oleh PIKKI.

Menurut  Eki pihak PIKKI menyerahkan kepada kedua perusahaan tersebut untuk menggunakan jenis-jenis produk dari anggota PIKKI “Jenis produknya kami serahkan kepada  mereka untuk melakukan B to B. “Tadi ada presentasi dari 10 anggota PIKKI yang melakukan presentase bisnis,” katanya seusai acara Forum Bisnis Peningkatan Penggunaan Komponen Kapal Dalam Negeri yang berlangsung, di gedung kementrian perindustrian, pada 16/2, di Jakarta yang  diselenggarakan oleh Perkumpulan Industri Komponen Kapal Indonesia (PIKKI).

Eki menambahkan sasaran yang akan dicapai dengan penandatanganan MoU tersebut adalah agar produk-produk anggota PIKKI dapat terpakai oleh perusahaan-perusahaan galangan kapal nasional secara optimal.. “Jadi, yang tadinya Pak Yance  (Dirut PT. Dimas-Red)  masih menggunakan produk-produk komponen kapal impor, padahal sebenarnya lokal dapat membuatnya. Saya berharap dengan adanya kerjasamna ini hal-hal itu tidak terjadi lagi,” kata Eki kepada PE, di sela-sela acara tersebut.

Selama ini, tambah Eki, masih ada komunikasi yang kurang intens antara anggota PIKKI dengan para industri galangan kapal nasional. Sebab, yang namanya bisnis harus ada komunikasi. Nah, komunikasi ini yang kita bentuk dalam konsep MoU tersebut, sehingga kita mempunyai kesepakatan masing-masing untuk mentransfer produk-produk komponen kapal lokal ke pembangunan kapal yang dibuat di dalam negeri.

Ke depannnya, lanjut Eki, akan dilakukan MoU-MoU dengan perusahaan-perusahaan galanagan kapal lain agar optimalisasi penggunaan komponen kapal dari anggota PIKKI dapat tercapai. “MoU yang ditandatangani sekarang ini merupakan entry point untuk masuk ke galangan kapal lain,” katanya serius. [] ytn

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category