Company

Memperkenalkan Turbin Baru Berkarakter Kuat

img title

Jakarta, petroenergy.id - Menciptakan model terbaru dari turbin uap dan materi yang paling kuat, komponen presisi, dan perangkat lunak yang lebih akurat - semua proyek ini diwujudkan di laboratorium eksperimental tercanggih Doosan Škoda Power di Plzeň, Republik Czech, Eropa Tengah. Jiří Fiala dan tim berhasil tangani proyek riset turbin uap yang kompleks, untuk keseluruhan induk Grup Dosan.

Sudah empat tahun lamanya pusat litbang Doosan Škoda Power memantau dengan seksama tren global pengembangan turbin uap untuk dapat merespon kebutuhan pelanggan dan pasar dengan fleksibel.

"Informasi yang kami peroleh menjadi dasar perencanaan strategis penelitian kami, dengan investasi Doosan Škoda Power sekitar 3% dari omset," ucap Jiří Fiala, kepada Pusat Litbang Global pada Doosan Škoda Power, dalam rilisnya.

Bisnis pusat Litbang yang berbasis di Plzeň terangkum dalam beberapa kategori. Salah satunya adalah rancang bangun jenis turbin uap yang baru untuk memenuhi tingginya permintaan pasar.

"Kami merancang jenis turbin uap baru yang lebih kecil untuk kegunaan industri, juga turbin besar dengan fitur parameter inlet steam super kritis dan daya output hingga 1.000 MW. Ini sendiri sudah merupakan syarat untuk parameter tinggi, contohnya, tekanan 250 sampai 280 bar dan suhu 600 sampai 620 0 C," tambahnya tentang gambaran aktivitas ini.

Penelitian lainnya melibatkan pengembangan dan pengaplikasian bahan atau materi baru yang bisa melewati parameteter operasi yang lebih tinggi. Rotor dilas ( welded rotor, eng. ) yang baru-baru ini dikembangkan terbuat dari materi yang tahan suhu inlet hingga 700 0 C.

Penelitian tentang materi juga mencakup teknologi finishing permukaan yang baru, seperti yang dipakai untuk kumparan katup uap dan, yang terbaru, untuk pelapisan bilah inlet turbin supaya bilah tersebut dapat lebih kuat menahan dampak impuritas mekanis yang terkandung dalam uap.

Bagian yang sangat penting dari penelitian adalah pengembangan komponen untuk turbin uap, secara khususnya pengembangan jenis bilah baru yang memiliki efisiensi tinggi. Kecanggihan produsen turbin uap dapat dinilai dari kesuksesan produksi bilah tahap-akhir (last-stage blade, eng.) yang paling tahan lama. Hingga saat ini, proyek yang paling menantang untuk pusat litbang ini adalah pengembangan bilah tahap-akhir unik yang terbuat dari titanium dengan panjang 1.370 milimeter.

“Sebagai gambaran, setiap bilah akan dimuat dengan gaya sentrifugal sekitar 550 ton dalam operasinya. Hal ini kurang lebih sama dengan massa lepas landas dari pesawat Jumbo Jet Boeing 747 yang terkenal itu." ujar Jiří Fiala menjelaskan.

Pengembangan komponen turbin tidak hanya meliputi bilah saja tapi juga pengembangan dan pengujian bantalan turbin (bearings, eng.) dan jenis khusus dari seal dan gland yang nirkontak.

Tapi penelitan tersebut bukan hanya tentang diagram dan gambar teknik. Ahli Litbang juga mengembangkan perangkat lunak untuk kalkulasi dan rancangan turbin yang lebih akurat dan cepat. Kebanyakan dari komponen yang baru dikembangkan itu diuji di laboratorium eksperimental pada stan uji perusahaan itu sendiri. (san)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category