Energy

Launching Uji Coba B 100 untuk Kendaraan di Lingkungan Kementan

img title

petroenergy.id,  Jakarta – Pemerintah meluncurkan uji coba penggunaan biodiesel 100 persen CPO atau yang dukenal B100 untuk kendaraan dinas dan traktor di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan), Senin (15/4/2019).

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengatakan, B100 ini merupakan produksi dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementan. Amran mengatakan, penggunaan B100 ini merupakan yang pertama bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Kementan telah mengembangkan B 100 sejak dua tahun lalu.

"Launching uji coba untuk 50 kendaraan dan traktor. Ini, bukan pertama di Indonesia, akan tetapi juga di dunia," kata  Amran Sulaiman.

Menurutnya, uji coba ini sebenarnya bukan pertama kali dilakukan. Sebelumnya, telah ada kendaraan dinas Kementan yang telah menggunakan B100 dengan total jarak tempuh 6.000 km.

"Kita mulai sejak 2 tahun lalu. Indonesia sudah mencoba hingga B20, B30. Tapi atas arah Pak Presiden kita lompat ke B100. Kita uji coba dan berhasil pada 10 mobil kita, sudah sampai 6.000 km. Sekarang kita uji coba terhadap 50 mobil dan traktor," kata dia.

Amran menuturkan, uji coba penggunaan B 100  untuk 50 kendaraan dan traktor ini dilakukan selama dua tahun ke depan.

Jika berjalan lancar, akan mulai diproduksi secara komersial dengan menggandeng BUMN atau swasta.

"Ini kita uji coba selama 2 tahun, baru nanti diproduksi secara komersial. (BUMN dan swasta) Sudah ada penjajakan, tapi masih rahasia. Nanti kita lihat," pungkasnya. (MK)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category