Maritime

Forum Bisnis PIKKI: Upaya Mendorong Industri Komponen Kapal Lokal

img title

Jakarta, petroenergy.id - Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kementrian Perindustria, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan Forum Bisnis Peningkatan Penggunaan Komponen Kapal Dalam Negeri dinilai penting untuk mensukseskan masalah teknis dan finansial bisnis industri komponen kapal.  Sebab, industri ini termasuk prioritas dan strategis dalam kebijakan pemerintah.

Menurut Gusti Putu, Indonesia merupakan negara maritim, sehingga membutuhkan banyak kapal untuk menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya. “Oleh karena itu program Tol Laut dapat mendorong industri perkapalan dan industri komponen kapal untuk mewujudkan kemandirian,” katanya dalam sambutan acara Forum Bisnis Peningkatan Penggunaan Komponen Kapal Dalam Negeri, yang berlangsung, di gedung kementrian perindustrian, pada 16/2, di Jakarta yang  diselenggarakan oleh Perkumpulan Industri Komponen Kapal Indonesia (PIKKI).

Gusti Putu menambahkan, industri komponen kapal mempunyai road map yang disepakati bersama. Dalam road map tersebut, perlu diidentifikasikan mana komponen kapal yang perlu impor terlebih dahulu dan kemudian kita bersama-sama diproduksi di dalam negeri. Kemudian mana komponen kapal yang diperuntukkan industri. kecil. Namun demikian, kalau industri kecil tersebut sudah maju, jangan diambil alih oleh industri besar.

Lebih lanjut ditambahkan, pemerintah mengharapkan sektor maritim memiliki daya saing global. Oleh karena itu industri galangan kapal dan industri komponen kapal  perlu meningkatkan daya saing dari waktu ke waktu.

Harapan PIKKI melalui Forum Bisnis ini, dapat meningkatkan penggunaan komponen kapal dalam negeri oleh perusahaan galangan kapal nasional. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan perhatian dan dukungan pemerintah pada produk-produk lokal. Adanya perhatian dari pemerintah akan meningkatkan semangat industri kecil  dan menengah (IKM) yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. 

Dalam waktu bersamaan ditandatangani  MoU antara PIKKI dengan PT. Dok dan Perkapalan Air Kantung dan PIKKI dengan galangan Kapal PT. Dumas. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kementrian Perindustria, I Gusti Putu Suryawirawan dan anmggota PIKKI lainnya.[] ytn

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category