Opinion

Dirut Pertamina Sulit Lolos Di kasus Suap PLTU Riau

img title
Oleh: Yusri Usman (Direktur Eksekutif CERI)
Saya sejak awal sdh menduga bahwa ada keterlibatan nyata dari direksi PLN terkait kasus suap PLTU Riau 1, karena tak masuk akal PT Blackgold Natural Resources Ltd bisa dipilih sebagai patner IPP ( Independent Producer Power) oleh anak perusahaan PLN yaitu PT Pembangkitan Jawa Bali tanpa intervensi direksi PLN.
 
Meskipun terlambat penetapan tersangka Sofyan Bayir oleh KPK, namun kita harus mengapresiasi kinerja KPK dalam mengungkap kasus ini, karena publik bertanya sdh hampir 10 bulan kenapa belum menetapkan tersangka dari pihak PLN, padahal bukti2nya sdh lebih dari cukup, maka tdk tertutup kemungkinan dari pengembangan keterangan Sofyan Basyir bisa menyeret Nicke Widyawati dan Iwan Supangkat dalam konspirasi ini.
 
Apalagi menurut keterangan wakil ketua KPK Saut Situmorang didepan media 23/4/2019 bahwa Direktur Utama PLN Sofyan Basir telah memerintahkan seorang direktur PLN untuk berkordinasi dengan mantan anggota DPR RI Eni Maulani Saragih dan Johanes Budi Soekotjo.
 
Lebih jauh Saut mengatakan bahwa Sofyan Basyir menyuruh salah satu orang direksi PLN untuk memonitor itu karena ada keluhan dari Johanes Koco tentang lamanya penentuan proyek PLTU Riau 1.
 
Mengingat munculnya proyek PLTU Riau 1 mulanya diawali oleh perencanaan yg saat itu dibawah kewenangan penuh Direktur Perencanaan Strategis 1 Nickey Widyowati, karena  awalnya pihak Blackgold Natural Resources Ltd berminat terhadap proyek pembangkit PLTGU Jawa 3, tapi oleh Sofyan Basyir dikatakan sdh ada jagonya, disarankan untuk ambil PLTU Riau 1.
 
Bahkan sdh saatnya KPK mengungkap kasus lainnya dlm proyek pembangkit 35.000MW yg mungkin sama modusnya dgn kasus PLTU Riau 1, karena praktek itu sdh menjadi rahasia umum.
 
Hal ini penting, karena contoh untuk kasus PLTU Riau1 semua dana suap yg terungkap hampir mendekati USD 50 juta dibagi untuk politisi Golkar dan termasuk yang dijanjikan kepada direksi PLN terungkap dipersidangan akan merupakan " sun cost" bagi investor,  dan tentu biaya itu akan dibebankan kepada harga jual listrik kepada PLN  yang kemudian ujungnya rakyat dan negara juga dirugikan baik tarif listrik menjadi lebih mahal atau nilai subsidi menjadi lebih besar dari Pemerintah.[]
ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category