Energy

BATAN Persiapkan Pembangunan RDE Di Berbagai Wilayah

img title


Jakarta, PetroEnergy.id -- CEO Reaktor Daya Eksperimemtal BATAN Taswanda Taryo, menyatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan amanat RUEN untuk membuat RDE (Reaktor Daya Eksperimental). Dikatakannya, membangun reaktor daya riset dan Iaboratorium reaktor ini sebagai tempat ahli nuklir berekspresi, berinteraksi dan berkarya, serta memberikan dukungan untuk dilaksanakannya riset-riset terkait nuklir supaya apa yang sudah dikuasai tidak hilang dan dapat dipertahankan.

"Pembangunan RDE yang baru sedang dikaji di Puspitek Serpong, namun untuk daya yang lebih besar akan di bangun di daerah. RDE penting sebagai litbang EBT dan ini langkah awal menuju PLTN besar. RDE ini akan dibuat dengan cara kerja sama internasional agar selalu termutakhirkan dengan kemajuan teknologi." katanya dalam acara jumpa pers di Jakarta 5 September 2016.

Saat ini, kata dia, membangun reaktor daya riset sudah dimulai pada tahun 2015 pada tahap penyusunan konsep desain oleh BATAN dan tahun 2016 dilanjutkan tahapan reviu dokumen oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN). Langkah berikutnya setelah BAPETEN menyetujui terhadap konsep desain akan dilanjutkan dengan penyusunan detail desain sebagai persyaratan untuk mendapatkan izin pembangunan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sebagai lembaga teknis yang membidangi energi juga diharapkan akan segera membuat roadmap yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam merealisasikan program pemanfaatan energi nuklir sebagai pembangkit listrik.

"Apabila seluruh tahapan tersebut dapat dijalankan dengan baik oleh masing-masing pemangku kepentingan diharapkan kebijakan penggunaan nuklir sebagai pembangkit Iistrik di Indonesia bisa segera direalisasikan untuk mendukung kemandirian energi nasional." tambahnya.

Asal tahu saja, pada tanggal 22 Juni 2016 yang lalu, Dewan Energi Nasional (DEN) mengadakan sidang yang langsung dipimpin oleh Presiden RI sebagai Ketua DEN. Sidang dihadiri oleh Wakil Presiden RI selaku Wakil Ketua DEN, Anggota DEN dari unsur pemangku kepentingan dan Menteri terkait sebagai Anggota DEN dari unsur pemerintahan untuk membahas dan menetapkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Keputusan sidang telah menetapkan beberapa poin, diantaranya adalah supaya pengembangan opsi nuklir dibuatkan roadmap. Opsi nuklir sebagai pilihan terakhlr dalam KEN diterjemahkan dalam RUEN(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category