Energy

Awal Februari, Penyaluran B20 Baru Mencapai 92%

img title

Petroenergy.id, Jakarta, - Realisasi pendistribusian penyaluran B20, ke seluruh pelosok Tanah Air di awal Februari ini baru mencapai 92%, belum mencapai angka yg ditetapkan hingga 100%.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (7/2/2019). Menyampaikan rencana awal untuk menyederhanakan titik serah FAME menjadi hanya 25 titik belum terwujud, antara lain karena masih ada kendala pembangunan terminal mengapung (floating storage) di perairan Tuban, Jawa Timur.

Capaian itu berkat rekonfigurasi titik penyerahan FAME menjadi 29 titik dari yang sebelumnya mencapai 112. 

Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan mengatakan beliau berharap realisasi penyaluran B20 dapat segera mencapai 100% di bulan ini. Dia pun mengakui realisasi di bulan Januari yang baru mencapai 89% disebabkan oleh kendala teknis seperti pergantian pemasok serta gangguan cuaca yang buruk.

"Harapan saya di bulan ini. Kemarin itu ada juga cuaca buruk dan gelombang tinggi. Kementerian Perhubungan juga keluarkan surat peringatan larangan berlayar. Bukan hanya penyaluran B20, penyaluran solar oleh Pertamina sendiri pun terhambat karena cuaca. Jadi saya yakin saat cuaca membaik, penyalurannya akan naik mendekati 100%," imbuhnya. [str]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category