Oil & Gas

Arcandra Tahar: Revsi PP 79 Telah Selesai Ditandatangani

img title

Jakarta, petroenergy.id - Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, mengatakan, revisi PP 79 telah rampung sekitar dua bulan lalu. Namun, Kementerian Keungan masih melihat pasal demi pasal untuk memastikan tidak ada pasal tumpang tindih dengan regulasi lain.

“Nah, ini butuh waktu, karena setelah dari Menkeu selesai... sekarang ke Setneg, dan terakhir baru Presiden,” kata Arcandra  Tahar  ditemui wartawan usai Shalat Magrib di Kementerian ESDM, Rabu (12/4).

Arcandra Tahar menambahkan lamanya evaluasi PP 79 juga disebabkan Kemenkeu harus menghitung ulang dampak dari pemberlakuan regulasi yang sudah di revisi nanti bagi penerimaan negara.

Menurutnya, PP 79 selama ini menjadi salah satu batu sandung aktivitas usaha di sektor hulu migas. Pasalnya, aturan tersebut mengenakan berbagai jenis pajak saat kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) masih pada masa eksplorasi, sehingga menambah besar risiko usaha karena belum tentu ditemukan cadangan.

Arcandra Tahar kembali menegaskan bahwa regulasi tersebut merupakan salah satu yang membuat iklim investasi makin tidak bertambah kondusif, sehingga aktivitas eksplorasi minim.

PP 79 tersebut, katanya, membuat insentif yang dulu diterima KKKS menjadi hilang. “Misalnya, sewaktu melakukan eksplorasi belum apa-apa sudah diberlakukan pajak. sehingga apa? Jadi malas untuk eksplorasi,” kata Arcandra.

Arcandra  Tahar menjelaskan, revisi PP 79 telah dibahas pemerintah sejak 2016, dan pokok pokok revisi adalah pemberian fasilitas perpajakan pada masa eksplorasi yaitu PPN Impor dan Bea Masuk dan PPN Dalam Negeri serta PBB. Disamping itu, pemberian fasilitas perpajakan pada masa eksploitasi yaitu PPN Impor dan Bea Masuk PPN Dalam Negeri serta PBB (hanya dalam rangka keekonomian proyek).

Mengakhiri percakapan dengan wartawan, Arcandra, mengakatakan, proses revisi PP 79 telah selesai ditandatangani dan siap untuk diundangkan. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category