Maritime

PAL dan Karpower Bangun Empat Kapal Pembangkit Jenis Mermaid

img title

Jakarta, petroenergy.id -- Setelah tahun lalu PT PAL Indonesia (Persero) diberikan hak kontribusi ekslusif terhadap pembangunan armada kapal pembangkit listrik oleh PT KarPowership Indonesia. Akhirnya beberapa hari lalu, PT PAL diminta membangun empat kapal pembangkit listrik di galangan kapal Indonesia bersama Karpowership.

Empat kapal listrik tersebut akan dibangun di galangan Kapal Indonesia sebagai bagian dari rencana armada tambahan sebesar 5.000 megawatt (MW). Penandatanganan kerjasama pembangunan kapal ini dilakukan oleh Direktur Utama PT PAL Budiman Saleh dan Direktur Utama Karpowership Orhan Remzi Karadeniz.

Acara penandatangan dilakukan di sela kunjungna Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Turki, yang juga disaksikan oleh Menteri Ekonomi Turki Nihat Zeybekci dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi pembuka jalan bagi kedua pihak untuk bersama membangun, berkolaborasi, transfer teknologi, serta nilai lokal Indonesia dalam pembangunan armadanya. Ini merupakan bentuk kerja sama awal dalam mengidentifikasi peluang-peluang kebutuhan listrik di Indonesia dan wilayah sekitarnya. Demikian menurut keterangan yang dikutip dari keterangan tertulis PT PAL, Sabtu (8/7/2017).

Adapun empat unit kapal pembangkit listrik Indonesia yang akan dibangun PAL dan Karpowership adalah kelas Mermaid dengan instalasi berkapasitas antara 36-80 MW. Peruntukannya yakni pengadaan listrik di berbagai pulau di Indonesia.

Sebelumnya Karpowership telah menjadi kapal apung pembangkit listrik sewa antara PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan keluarga Karadeniz sebagai pemilik Karpower untuk Program 35 ribu megawatt yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, hingga 2019.

Kapal pembangkit listrik ini dinilai sangat cocok bagi kondisi Indonesia yang negara kepulauan karena tidak memerlukan lahan sehingga dapat bergerak flesibel dalam menyediakan listrik di seluruh kepulauan Indonesia.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category