Other

Direksi Pertamina Mau Dirombak, Apa Kata Serikat Pekerja?

img title

Jakarta, petroenergy.id -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) rencananya Selasa (13/2),sore ini pukul 5, akan kembali merombak struktur manajemen PT Pertamina (Persero). Dua nama baru muncul dalam perombakan ini yaitu Alex J Sinaga yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Telkom (Persero) dan Insan Purwasya Tobing yang saat ini menjabat Direktur Utama PT Pelni (Persero).

Diperkirakan,  Nicke Widyawati yang sebelumnya menjadi Direktur SDM juga akan ditunjuk menjadi Direktur Perkapalan. Untuk posisi Direktur SDM akan ditempati Insan dan Alex ditunjuk menjadi Direktur Marketing Retail. Sedangkan untuk posisi Direktur Utama, Direktur Gas, Hulu, Pengolahan, Aset, dan Keuangan tetap dalam formasinya.

Menanggapi hal ini, Noviandri, Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) mempertanyakan urgensinya memecah Direktorat Marketing. Pasalnya, kata dia,pemecahan Direktorat Marketing ini seperti hanya akal-akalan sedangkan untuk marketing retail dengan industri, infrastrukturnya masih sama saja seperti tanki dan sebagainya.

"Hal ini sudah sangat keterlaluan karena keputusan ini maka secara bisnis akan banyak terjadi benturan nanti nya pada saat operasional, dan bisa berdampak pada rencana holding migas," katanya dalam keterangan yang diterima petroenergy (13/2).

"Pertamina melalui Pertagas yang bisnisnya berbenturan saja di satukan dalam holding. Kita melihat melihat akan terjadi ineffisiensi dalam operasional nantinya," imbuhnya

Ia mengkhawatirkan jika ini benar dilakukan maka akan terjadi penjarahan struktural pada Pertamina, biaya operasional (overhead) akan sangat besar untuk membiayai direktur atau direktorat yang baru dan belum tentu nanti akan memberikan kontribusi bagi pendapatan Pertamina. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category